Rumah Kamu Terlihat Usang? Segera Dekorasi Agar Terlihat Stylish

Fungsi Ruangan

Rumah adalah sebuah bangunan yang dipergunakan sebagai tempat tinggal, agar terjaga dari berbagai pengaruh lingkungan, dan juga merupakan tempat untuk melakukan beragam aktivitas. Sehingga, sebuah hunian harus dalam keadaan kokoh berkualitas, supaya kita nyaman dan tenang saat menempati. Lalu, bagaimana jika rumah yang kita tempati sudah berusia tua, dan terlihat seakan-akan lusuh, kuno, dan bahkan nampak seram. Tentu kita harus mendekorasinya agar terlihat indah, dan supaya juga bangunan kokoh berkualitas, dan nyaman untuk ditempati.

Rumah Tua

Disisi lain, akhir-akhir ini banyak masyarakat yang mencintai gaya vintage. Sehingga tak heran gaya tersebut diterapkan oleh banyak orang untuk mendekorasi hunian tua mereka. Nah, jika kamu saat ini berencana untuk menata ulang hunian kamu, namun tetap tak ingin menghilangkan karakter vintage, dan terlihat lebih modern dan tampak chic. Silahkan intip beberapa langkah berikut ini.

Satu Warna Untuk Semua Bagian Ruangan

Warna satu

Memanglah hunian tua memiliki langit-langit, bentuk rangka, dan lekukan dinding yang sangat menarik. Namun sayangnya jika beberapa bagian sudah rusak, akibat kondisinya yang usang dimakan zaman, terlebih lagi merenovasi sebuah hunian membutuhkan dana yang terbilang tidak murah. Sehingga, jika kondisinya dinilai masih sangat kuat berkualitas, sebaiknya kamu tak perlu membongkarnya, cukup mengecat semua bagian tersebut dengan satu warna. Di bagian dinding, ada baiknya kamu memilih warna cat bercorak matte, lantaran jika menerapkan warna glossy akan memperlihatkan bagian rusaknya. Bedakan warna hanya untuk saturasinya saja.

Tata Peletakan Tirai

Tirai

Pada umumnya, bangunan tua terdapat lekukan indah di sekitaran jendela. Supaya tetap terlihat indah, tirai sebaiknya diletakkan di bagian dalam kerangka pada kusen jendela. Namun disisi lain, cara ini akan dapat mengurangi nilai keindahan dan juga kemewahan pada jendela yang memiliki ukuran kecil. Untuk menyiasati hal tersebut, gunakan tirai yang biasa saja, namun dibuat terbuka.

Rak Terbuka

Rak Terbuka

Rak-rak yang sudah tua dan rapuh serta keropos, tentunya akan membuat faktor keindahan tak nampak. Dengan begitu, kita harus mengganti rak tersebut dengan rak yang tidak memiliki tutup atau rak terbuka yang terbuat dari kayu partikel atau kayu solid. Di rak tersebut, tampilkan barang-barang berupa aksesoris bernuansa vintage. Rak terbuka ini akan memberikan sebuah sentuhan modern, dan rumah tua tak terlihat seperti museum.

Merubah Fungsi Ruang

Fungsi Ruangan

Kita ketahui, bahwa rumah saat ini berbeda sekali dengan rumah tua. Pembagian bagian ruangannya terlihat aneh. Ambil contoh, kamar tidur yang memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengna ruang tamu yang cukup luas. Terlebih lagi ruang dapur yang terbilang cukup panjang. Nah, untuk hal tersebut, kamu bisa mensiasatinya dengan penambahan celah pada ruangan yang luas seperti ruang tamu.