Punya Dana 50 Juta? Kenapa Tidak Bangun Rumah Saja

Rumah Minimalis

Terlepas dari kebutuhan primer, yakni papan. Sebuah rumah sangatlah penting untuk kita miliki. Lantaran merupakan tempat untuk kita tinggal, menjaga diri kita bersama orang-orang yang kita sayangi dari berbagai pengaruh lingkungan seperti angin, hujan, panas, dsb. Selain itu, hunian juga merupakan tempat untuk menjalankan berbagai aktivitas setiap harinya, seperti bersantai, makan, istirahat, dan tempat silaturahmi satu sama lain, serta aktivitas lainnya. Sehingga secara garis besar, kita harus memiliki sebuah hunian.

Rumah Minimalis

Hunian sendiri terdiri dari dua jenis, yakni rumah tapak dan apartemen. Perbedaannya, jika apartemen adalah bangunan vertikal pencakar langit yang memiliki ratusan hingga ribuan ruang, yang dimana masing-masing ruang dipergunakan sama halnya seperti rumah, yakni untuk tempat tinggal. Adapun keunggulannya, yakni pada umumnya sebuah apartemen sudah lengkap dengan berbagai fasilitas umum, mulai dari kolam renang, lintasan lari, taman bermain, hingga sistem keamanan. Sedangkan kelemahannya, bangunannya tidak bisa kita tata ulang, terdapat peraturan yang mengikat, tingkat sosialisasi yang sangat kurang, dan harus membayar biaya perawatan setiap bulannya. Sementara itu, yang dimaksud dengan rumah tapak yakni sebuah bangunan horizontal. Kelebihan dari hunian jenis ini adalah dapat kita desain sesuai keinginan kita, bebas dalam arti tidak ada peraturan, dan memiliki nilai investasi yang tinggi. Dari dua jenis hunian tersebut, masyarakat umum lebih memilih untuk tinggal di rumah tapak.

Dalam membangun sebuah rumah tentunya membutuhkan berbagai faktor, mulai dari dana yang terbilang cukup besar, hingga tenaga ahli. Tapi, tahukah kamu bahwa dengan hanya bermodalkan dana sebesar Rp 50 juta kita sudah dapat membangun sebuah rumah untuk tempat tinggal kita bersama keluarga tercinta? Ya, itu bukanlah mitos belaka, tetapi kenyataan yang dapat terwujud. Penasaran bagaimana cara membangun rumah dengan hanya menghabiskan uang 50 juta rupiah saja? Silahkan simak caranya berikut ini.

Pertama: Tentukan Desain Rumah

Denah Rumah Minimalis

Dengan hanya bermodalkan dana sebesar Rp 50 juta, tentunya desain yang tepat dan sesuai adalah desain minimalis. Walau minimalis, namun dapat kamu beri sentuhan modern, agar terlihat manis dan sangat elegan. Adapun desain yang dimaksud adalah, rumah hanya berlantaikan satu, dengan jumlah ruangan yang begitu terbatas, yakni dua kamar tidur dan satu kamar mandi, serta dapur dan ruang tamu sekaligus dapat juga digunakan untuk ruang keluarga.

Kedua: Pilih Material Terbaik Tapi Berkualitas

Material Bangunan

Setelah menentukan desain yakni minimalis modern, selanjutnya kamu harus memilih bahan bangunan dengan harga terbaik, tentu juga harus mengedepankan kualitas yang dimiliki. Jangan sampai mempertaruhkan keselamatan keluarga, lantaran salah dalam memilih material. Untuk mendapatkan harga terbaik, kamu dapat melakukan survei ke beberapa toko bangunan.

Ketiga: Mencari Tenaga Ahli

Tenaga Ahli

Terakhir setelah kamu menjalani dua tahap sebelumnya, langkah berikutnya adalah dengan mencari tenaga ahli atau arsitektur. Untuk tahap ini jika kamu bingung seperti apa arsitektur yang tepat dengan harga yang tentunya juga bersahabat, kamu dapat menanyakan ke beberapa teman ataupun kerabat kamu yang sudah berpengalaman dalam membangun rumah.