Langkah Merenovasi Rumah Tanpa Perlu Utang

Renovasi Rumah

Kita semua tentunya memiliki rumah, baik itu dalam skala menyewa, maupun milik pribadi. Lantaran jika kita tidak mempunyai sebuah hunian, kita mau tinggal dimana, dan bagaimana kita menjaga diri kita bersama keluarga tercinta dari berbagai pengaruh lingkungan, serta melakukan berbagai kegiatan lainnya. Namun, jika kita tidak merawat hunian yang kita tempati, tentunya hunian akan tidak nyaman, dan kita merasa takut akan keselamatan kita. Beberapa faktor dari rusaknya sebuah komponen di rumah kita, baik di bagian interior maupun eksterior, yakni faktor usia, faktor kualitas material bangunan yang digunakan, dan terlebih faktor lingkungan yang kini tak menentu, terkadang hujan, panas, angin, dsb, serta berbagai faktor lainnya.

Renovasi Rumah

Merenovasi rumah memang tidaklah mudah, terlebih membutuhkan dana yang terbilang tidak sedikit. Sehingga banyak masyarakat yang bingung ketika kondisi bangunannya perlu di renovasi, tetapi tidak memiliki dana yang cukup. Namun tetapi, sejatinya banyak cara mudah untuk kita mendapatkan dana renovasi rumah, mulai dari memanfaatkan fasilitas kredit dari BPJS Ketenagakerjaan, hingga tentunya menabung. Tetapi perlu kamu ketahui bahwa dalam merenovasi hunian tak selalu berbicara mengenai merobak keseluruhan hunian, terkadang kamu hanya butuh memberikan sedikit sentuhan minimalis agar hunian kamu terlihat lebih menyegarkan. Sehingga, sebelum kamu memutuskan untuk melakukan perbaikan rumah kamu, silahkan pastikan beberapa hal berikut ini.

Hal Pertama: Menentukan Titik Renovasi

titik-renovasi

Jika kamu memiliki rencana untuk memperbaiki hunian tetapi hanya memiliki dana tertentu. Sebaiknya kamu terlebih dahulu menentukan titik-titik mana yang harus diperbaiki lantaran terjadi kerusakan. Misalnya saja jika atap ataupun talang air sudah tak mampu lagi menampung air hujan, sehingga membuat kebocoran dimana-mana, tentu hal ini yang perlu kamu utamakan. Cermati di bagian mana saja yang perlu diperbaiki. Tentu hal ini sangatlah penting supaya kamu tidak mengeluarkan dana lebih.

Hal Kedua: Tentukan Pos Pengeluaran

Perhitungan Biaya

Nah, setelah hal pertama yakni kamu telah menentukan titik-titik mana saja yang harus diperbaiki, hal kedua tentunya kamu menentukan pos-pos pengeluaran. Perlu kamu ketahui, bahwa dalam merenovasi sebaiknya dipersiapkan jauh-jauh hari. Ini dinilai begitu penting, agar kamu tidak perlu mengajukan kredit ataupun meminjam sana-sini. Pastikan bahwa dalam pemilihan bahan bangunan, dan proses renovasi, serta desain, harus sesuai dengan anggaran.

Hal Ketiga: Melakukan Survei

Selanjutnya setelah kamu menentukan titik renovasi, dan pos pengeluaran, saatnya kamu melakukan survei bahan-bahan bangunan yang kamu perlukan di beberapa toko material. Sebaiknya kamu luangkan waktu untuk melakukan hal tersebut. Sehingga kamu akan mengetahui harga terbaik.

Hal Keempat: Utamakan Faktor Keselamatan

Walaupun judulnya merenovasi rumah tanpa utang, bukan berarti keselamatan kita bersama keluarga tercinta dipertaruhkan. Boleh material mencari harga terbaik, namun tetapi kualitas tetap harus di nomor satukan. Beberapa bahan bangunan seperti diantaranya fondasi, rangka, pipa, dan atap, harus tetap sesuai dengan standar.

Hal Kelima: Tentukan Jasa Kontraktor

Jasa Kontraktor

Jika rencana kamu dalam memperbaiki hunian tergolong berskala besar, kamu dapat memilih untuk menggunakan jasa kontraktor ataupun pemborong. Tentu ini kamu harus menyesuaikan dengan dana yang kamu miliki. Sebelum menentukan jasa mana yang akan kamu gunakan, sebaiknya mencari referensi, supaya sesuai dengan rencana tentunya.