5 Langkah Cerdas Dalam Merenovasi Rumah

renovasi rumah

Alcan Packaging kembali hadir dengan tips menarik seputar renovasi Rumah yang akan dijual yang merupakan tempat untuk kita tinggal bersama keluarga, dan melakukan beragam aktivitas, serta menjaga kita dari berbagai pengaruh lingkungan. Namun seiring berjalannya waktu, beberapa bagian rumah akan mengalami kerusakan, entah itu dari kesalahan kita, ataupun pengaruh lingkungan. Sehingga, hunian harus segera kita lakukan renovasi. Tentu ini bertujuan agar kita merasa nyaman dan aman saat menempatinya. Tetapi, alasan merenovasi hunian tak hanya karena terdapat beberapa bagian telah mengalami kerusakan saja, mungkin karena kita juga mulai jenuh dengan bentuknya.

renovasi rumah

Namun sebelum kamu melakukan renovasi, sebaiknya kamu menyusun beberapa langkah penting secara mendetail. Ini tentunya bertujuan sebagai pedoman, dan supaya biaya renovasi tidak membengkak. Karena perlu diketahui, bahwa merenovasi rumah tidak murah, justru terbilang cukup mahal biayanya. Sehingga, dengan terlebih dahulu menyusun rencana, proses pengerjaan ulang rumah kita akan berjalan lancar. Namun, harus mulai dari mana penyusunan rencana tersebut? Terlebih lagi kita tidak memiliki pengalaman sebelumnya dalam proses renovasi rumah. Sebagai pedoman kamu sebelum menjual rumah, maka perhatikan 7 langkah cerdas dalam merenovasi rumah berikut ini.

  • Tentukan Bagian Jual Beli Rumah

titik renovasi

Langkah pertama dalam rencana merenovasi rumah adalah kamu harus menentukan bagian mana yang perlu diperbaiki. Apakah itu di ruang utama? ruang tamu? atau sekedar ingin diperbesar suatu ruangan? Adapun tujuan dari penentuan titik yang direnovasi ini adalah supaya kamu dapat memperkirakan biaya yang akan dikeluarkan nantinya. Sebaiknya juga kamu melakukan konsultasi bersama arsitektur.

  • Pilih Material Berkualitas Dengan Harga Terbaik

material berkualitas

Setelah menentukan titik mana yang harus dikerjakan, langkah selanjutnya adalah kamu harus memilih material yang akan digunakan nantinya. Pilihlah material yang memiliki kualitas baik, tentu dengan harga yang bersahabat. Untuk bantuan kamu bagaimana cara terbaik memilih material, kamu bisa mencari referensi di majalah, ataupun di media online.

  • Lakukan Survei dan Pembelian Material

toko material

Selesai kamu mengetahui seperti apa material yang memiliki kualitas terbaik, langkah berikutnya adalah kamu harus melakukan survei ke beberapa toko bahan bangunan, dan ada baiknya juga kamu membelinya sendiri. Ini bertujuan agar kamu mengetahui harga terbaik dari sebuah material, dan tentu akan menghemat pengeluaran.

  • Tukang Bangunan Bersifat Harian atau Borongan?

tukang bangunan

Ini merupakan langkah yang terbilang sulit, lantaran tentunya kamu tidak memiliki keahlian dalam merenovasi rumah bukan? Sehingga membutuhkan tenaga ahli untuk melakukannya. Namun, pertanyaan sulitnya adalah, tukang harian atau tukang borongan? Dua jenis tukang tersebut memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing. Jika tukang harian, hasilnya akan lebih rapi, karena tidak ada target waktu, namun harganya cukup mahal. Sedangkan tukang borongan, pekerjaannya sesuai target waktu yang kita tentukan, tetapi terkadang proses pengerjaannya terbilang asal-asalan, atau terburu-buru, namun harganya cukup terjangkau.

  • Waktu Renovasi

waktu renovasi

Melakukan pengerjaan renovasi sebuah rumah tidak bisa sembarang waktu. Sebaiknya kamu merenovasi hunian pada musim panas, karena prosesnya akan cepat. Sebaliknya, jangan sampai kamu memperbaiki hunian kamu di musim penghujan, dimana akan membuat kontruksi lemah, dan tentu waktu pengerjaannya terganggu.