Ciptakan Hunian Sehat Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik!

Rumah Sehat

Rumah adalah surga dunia. Kalimat tersebut mencerminkan bahwa sebuah kehidupan berkeluarga berawal dari hunian. Baik dan buruknya sebuah keluarga, dapat ditentukan dari hunian. Walaupun lingkungan diluar sana sangatlah mampu menjadi faktor yang mempengaruhi kehidupan keluarga. Akan tetapi, jika keluarga sudah kuat dari dalam, tak akan goyah akan berbagai cobaan. Dengan begitu, sebaiknya kita harus mendesain sebuah hunian sebaik mungkin.

Berbagai konsep desain rumah saat ini sangatlah beragam. Mulai dari konsep minimalis, mewah, hingga klasik. Namun, pada dasarnya sebuah konsep sama saja, yakni hanya untuk mempercantik tampilan sebuah hunian. Tapi, hunian cantik tetapi tidak sehat, sama saja bohong. Sehingga, kita dalam mendesain hunian juga harus mengedepankan faktor kesehatan. Dengan begitu, kita menempati hunian tak hanya nyaman saja, tetapi juga akan tenang dan aman dari berbagai penyakit yang dapat ditimbulkan dari dalam sebuah rumah.

Rumah Sehat

Dengan kamu menerapkan konsep rumah sehat, pastinya kamu bersama keluarga tercinta akan merasakan kenyamanan, dan tentunya akan betah. Selain itu, desain hunian sehat juga dapat disesuaikan dengan berbagai konsep ataupun gaya baik interior maupun ekterior rumah. Berikut ini beberapa prinsip dasar dalam menerapkan hunian sehat yang dapat menjadi pedoman kamu dalam menerapkan rumah sehat namun tetap terkesan moden.

  • Pencahayaan Alami

Pencahayaan Alami

Cahaya matahari pada pagi hingga menjelang petang merupakan sumber dari pencahayaan alami. Untuk mendapatkan pencahayaan alami yang optimal, terdapat dua pedoman yang harus diterapkan. Pertama, mengenai orientasi bangunan. Dimana kondisi negara kita berada di garis khatulistiwa, sehingga sebaiknya bagunan mengarah ke arah utara maupun selatan, guna menghindari panas matahari secara langsung. Kedua, berkaitan dengan ukuran ruangan dan juga jendela. Sesuaikan ukuran jendela dengan luas ruangan, demi mendapatkan cahaya yang tepat di seluruh ruangan.

  • Ventilasi Alami

Ventilasi Alami

Prinsip ventilasi alami ini yakni menciptakan sirkulasi udara yang baik, dengan nantinya udara segar akan masuk ke dalam seluruh ruangan, dan udara panas akan dialirkan keluar tentunya melalui jendela yang harus diletakkan secara strategis dan tepat.

  • Manajemen Limbah

Manajemen Limbah

Prinsip hunian sehat selanjutnya yakni dengan menciptakan manajemen limbah yang baik, guna menghindari pencemaran akan persediaan air bersih di dalam hunian. Untuk membuat manajemen limbah baik tercapai, sebaiknya ikuti dua pola berikut ini sebagai pedoman. Pertama, penampungan air hujan, dimana dapat ditampung dan juga bisa digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan setiap harinya, seperti diantaranya berkebun, menyiram toilet, maupun juga dalam mencuci sebuah kendaraan. Sehingga dengan menampung dan mempergunakan air hujan, maka hunian sehat akan jauh lebih efesien dan tentu akan ramah lingkungan. Sementara pedoman kedua yakni lapisan air, yakni guna sebagai daerah resapan air. Untuk mengoptimalkan lahan resapan air, lapisan tembus air dapat menggunakan grass block pada halaman, maupun rumput, jalan, hingga parkiran mobil.